Rabu, 03 Mei 2023

Gelar TFG, Kapolri Tekankan Personel Harus Pahami Tugas dan Cara Bertindak saat Amankan KTT ASEAN

Gelar TFG, Kapolri Tekankan Personel Harus Pahami Tugas dan Cara Bertindak saat Amankan KTT ASEAN

NTT - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau secara langsung kegiatan Tactical Floor Game (TFG) pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 
Menurut Sigit, simulasi pengamanan itu dilakukan untuk semakin memantapkan pola pengamanan pada seluruh rangkaian event internasional tersebut. Nantinya, TFG juga akan digelar bersama dengan jajaran TNI.

"Jadi latihan yang kita laksanakan pagi ini, tentunya merupakan bagian dari upaya untuk mempersiapkan rencana yang akan kita laksanakan untuk menggelar rangkaian pengamanan. Yang tentunya, nanti akan dilaksanakan bersama dengan rekan-rekan dari TNI," kata Sigit usai meninjau Tactical Floor Game di Labuan Bajo, Kamis, 4 Mei 2023.
Tactical Floor Game tersebut dihadiri oleh seluruh personel Polri yang tergabung dalam delapan satuan tugas (satgas) pengamanan KTT ASEAN. Diantaranya adalah, satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir, Tindak, Gakkum, Anti-Teror, Humas, dan Banops.

Sigit menegaskan, seluruh personel kepolisian yang tergabung dalam delapan satuan tugas tersebut harus mampu memberikan pengamanan yang optimal dalam seluruh rangkaian kegiatan tersebut. 

"Ada beberapa persoalan yang disampaikan, tentunya ini menjadi tugas dari satgas yang kita persiapkan mulai dari Preemtif, Preventif satgas Penindakan, Gakkum, satgas terkait Pengawalan Rute, kemudian satgas bantuan lainnya, yaitu satgas Banops," ujar Sigit. 

Sigit menekankan, dengan diselenggarakannya Tactical Floor Game ini, seluruh personel kepolisian khususnya, mampu untuk memahami tugasnya masing-masing serta cara bertindak, terutama ketika menemukan dinamika persoalan di lapangan. 

Tak hanya itu, Sigit menyebut, dengan tergelarnya simulasi ini. Diharapkan dapat terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik sesama satgas kepolisian, TNI maupun pihak terkait lainnya. 

"Kita harapkan dengan latihan yang kita lakukan hari ini, masing-masing anggota mengerti apa yang menjadi tugasnya, bagaimana koordinasi antar-satgas dan kemudian bagaimana koordinasi dan komunikasi pada saat menerima informasi dan arahan dari para pimpinan yang berada di lapangan ataupun yang di Command Center," ucap Sigit. 

Dengan adanya persiapan yang matang, Sigit menegaskan, seluruh personel kepolisian, TNI dan pihak terkait lainnya mampu menciptakan pengamanan yang optimal demi mensukseskan KTT ASEAN tersebut. 

"Jadi mudah-mudahan, ini semua tentunya bisa memberikan persiapan kita dalam pengamanan yang akan kita laksanakan beberapa hari mendatang," tutup Sigit.

Perkuat Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri, Kasi Idik Pomdam XII Tanjung Pura Silahturahmi sekaligus pencerahan kepada Dit Samapta Polda Kalbar

Ditsamapta Polda Kalbar– Untuk meningkatkan jalinan silaturahmi antara TNI – Polri, khususnya Kodam XII Tanjung Pura dengan Polda Kalbar,  Kasi Idik Pomdam XII Tanjung Pura Mayor Mahyudin, yang mewakili Danpomdam XII Tanjung Pura, Kolonel Cpm Indra Jaya S.E. mengunjungi Markas Direktorat Samapta Polda Kalbar, Selasa (02/05/2023)
Kehadiran Kasi Idik pomdam XII Tanjung Pura bersama kasubdenpom Singkawang Kapten Ardiansyah disambut langsung oleh Direktur Ditsamapta Polda Kalbar, Kombes Pol Permadi Syahids Putra, S.I.K., M.H. didampingi Wakil Direktur Ditsamapta Polda Kalbar, AKBP Wuryantono, S.I.K, M.H., AKBP Budi Prasojo, AKBP, Ricky Renerika Riyanto, S.E.
Direktur Ditsamapta Polda Kalbar, Kombes Pol Permadi Syahids Putra, S.I.K., M.H. mengatakan, dalam silaturahmi yang begitu hangat tersebut, memastikan bahwa sinergitas TNI-Polri tetap kokoh di wilayah Kalimantan Barat. Hubungan baik antara TNI – Polri tetap terjaga (solid) dengan optimal.

“Harmonisasi dan kerja sama dalam penegakan hukum tetap berjalan dengan kondusif, sesuai dengan tupoksi masing-masing “katanya”.
Sementara, Kasi Idik Pomdam XII Tanjung Pura menyebut, Polisi Militer Kodam XII Tanjung Pura selalu siap dan telah bekerjasama selama ini dengan Polda Kalbar terutama dalam menegakkan hukum disiplin dan tata tertib di wilayah Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakannya sosialisasi kepada  personil Ditsamapta Polda Kalbar di aula sentarum guna memberikan arahan dan pemahaman hukum Militer TNI AD agar lebih tertib hukum dan dapat terhindar dari kasus yang dapat merugikan personil.

Soliditas dan sinergitas TNI-Polri menjadi kunci untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa"

Sumber Ditsamapta Polda Kalbar
Penulis : Kompol Paino S.P

Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Polri Siapkan 2.627 Personel dan 8 Satgas

Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Polri Siapkan 2.627 Personel dan 8 Satgas


Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran mengecek persiapan pengamanan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo. Dalam pengecekan ini, Fadil menyebut akan ada 2 tahapan pengamanan yaitu side event dan main event, mulai dari tanggal 6 sampai 13 Mei 2023.
Pada pagi ini, Fadil menuturkan, Satgas Operasi Pengamanan melaksanakan tahapan pertama yakni Latihan Pra Operasi. Adapun tujuan latihan ini yakni memberikan pemahaman dari masing-masing Satgas tentang tugas, fungsi peran dari masing-masing unsur yang berada di Satgas.

"Tentunya nanti masing-masing satgas ini akan dikendalikan oleh command center dimana di command center tersebut berkantor Kaposko dan Kaminops yang akan mengendalikan dan mengatur mengkoordinasikan keterpaduan pengamanan yang dilaksanakan oleh jajaran Polri," kata Fadil dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/5/2023).
Mantan Kapolda Metro Jaya ini menuturkan, satuan yang dilibatkan dalam pengamanan KTT ASEAN ini terdiri dari unsur Mabes Polri, dan unsur Polda NTT, yakni sebanyak 2.627 personel, mulai dari satgas preemtif sampai dengan satgas perbantuan.

Total Ada 8 satgas yang akan bekerja dalam Operasi Komodo 2023 yakni Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir, Tindak, Gakkum, Anti Teror, Humas, dan Banops. Delapan satgas tersebut nantinya akan dipimpin jenderal bintang satu.

Satgas Preemtif nantinya akan dipimpin oleh Dirkamsus Baintelkam. Kemudian Satgas Preventif dipimpin oleh Dirsabhara Baharkam Polri. Lalu Satgas Walrolakir dipimpin Dirgakkum Korlantas.

Selanjutnya Satgas Tindak dipimpin oleh Danpas II Korbrimob. Satgas Gakkum dipimpin oleh Dirsiber Bareskrim. Satgas Anti Teror dipimpin langsung Dirtindak Densus 88 Antiteror, Satgas Humas dipimpin Karopenmas Divisi Humas dan Satgas Banops dipimpin Karo Tekkom Div TIK Polri.

Polresta Pontianak Umumkan Hasil Rikmin Awal Penerimaan Calon Anggota Polri Tahun 2023

Pontianak,Kalbar - Polresta Pontianak sebagai salah satu panitia pembantu dalam penerimaan calon anggota Polri tahun 2023 hari ini mengumumkan hasil pemeriksaan administrasi peserta calon anggota Polri dihalaman mapolresta Pontianak Jl. Johan Idrus No.1 Pontianak selatan, Rabu (3/5/2023) siang.
Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.I.K, MH saat memimpin sidang mengatakan, "Sidang penentuan peserta yang memenuhi syarat atau tidak hari ini melibatkan dari tim exsternal,diantaranya dari Dukcapil dan Dinas pendidikan dan kebudayaan sebagai tim ahli yang melakukan pemeriksaan dokumen kependudukan dan dokumen pendidikan peserta seleksi.

Pemeriksaan administrasi ini meliputi pemeriksaan dokumen sebagai syarat mutlak peserta seleksi dan itu wajib untuk dipenuhi,selain itu juga dilakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan ideal sebagai syarat utama dalam seleksi calon anggota Polri.
Dari hasil penelusuran dan pemeriksaan yang dilakukan panitia Pabanrim Polresta Pontianak,diputuskan bahwa jumlah peserta yang mendaftar 599 peserta dan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebanyak 29 peserta.

Beberapa hal yang membuat 29 peserta dinyatakan ridak memenuhi syarat untuk melanjutkan tahapan seleksi selanjutnya diantaranya tinggi badan kurang,dokumen terkait domisili yang ditentukan tidak sesuai dan usia peserta audah melebihi dari batas usia yang ditentukan.

Saya ucapkan selamat mengikuti tahapan seleksi selanjutnya kepada peserta yang dinyatakan memenuhi syarat,bagi yang belum memenuhi syarat jangan berkecil hati maaih ada kesempatan diwaktu yang lain untuk mengikuti seleksi."Tutupnya.

Diketahui peserta yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya ditingkat panitia Polda Kalbar.

Entri yang Diunggulkan

KEGIATAN TATAP MUKA KAPOLRESTA PONTIANAK KOTA DI KP. BETING PONTIANAK TIMUR

Pontianak_ pada hari Jumat tanggal 4 oktober 2019 pukul 19.30 wib, bertempat di Gedung Bulu Tangkis Kp. beting Kel. Dalam Bugis Pon...