Selasa, 18 April 2023

Wakapolresta Pontianak Cek Persiapan Pos Pam Lebaran

PONTIANAK, KALBAR – Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH yang diwakili oleh Wakapolresta Pontianak AKBP NB. DARMA, S.ik MH didampingi Kabag Ops Kompol Haryanto, SH, S.ik, MH Kasat Lantas Kompol Aulia Hadiputra, SH, S.ik,  melakukan pengecekan ke  Pos Pengamanan Operasi Ketupat Kapuas 2023  di Bundaran Untan Pontianak Tenggara, Selasa (18/4/2023).
NB. Darma, S.ik MH  mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna memastikan kesiapan personel, dan juga sarana maupun prasarana yang telah didirikan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2023.
“Kita pastikan pos pos yang telah didirikan ini dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai yang kita harapkan,” ucap Wakapolresta Pontianak, 

Pengecekan tersebut diawali dari Pospam Bundaran Untan   di Pos Pengamanan Mitra Anda di Pontianak Barat, Pos Pengamanan Bundaran Untan Pontianak Tenggara,  dan  selanjutnya  ke Pospam lainya,  Polresta Pontianak dalam Operasi Ketupat Kapuas 2023 ini telah mendirikan  6 Pospam dan 1 Pis Terpadu. 
Selain melakukan pengecekan sarana maupun prasarana, Wakapolresta Pontianak AKBP NB. Darma, S.ik MH juga berpesan kepada para personel untuk melakukan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan kenali dan  tanggap terhadap situasi di sekitar pos pengamanan.

“Lakukan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, jaga keselamatan diri dan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tegasnya.

Kegiatan Patroli Monitoring Dan Pengamanan Ibadah Sholat Isya Dalam Bulan Ramadhan 1444 H Di Wilayah Hukum Polsek Ella Hilir

Polres Melawi Polda Kalbar - Polsek Ella Hilir melaksanakan kegiatan pengamanan ibadah Tarawih pada pukul 18.45 sampai dengan 20.10 di Masjid Agung Al-Azhar desa Nanga Ella Hilir dan Masjid Hidayatullah di desa Pelempai Jaya kecamatan Ella Hilir di wilayah hukum Polsek Ella Hilir pada hari Senin, (17/04/2023) malam.
Patroli cipta Keamanan dan ketertiban Masyarakat yang di laksanakan Polsek Ella Hilir di sejumlah titik kegiatan masyarakat, tempat ibadah dan tempat rawan kriminalitas/kejahatan.
Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H, melalui Kapolsek Ella Hilir Ipda Jamidi mengatakan, peningkatan pengamanan serta Patroli ke sejumlah tempat ibadah saat pelaksanaan Shalat Tarawih guna menciptakan kenyamanan bagi jama’ah yang sedang beribadah.
“Polsek Ella Hilir akan memastikan dan mengawal situasi keamanan dan menciptakan kenyamanan bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah shalat tarawih”, Ujar Ipda Jamidi.

Anggota Polsek Ella Hilir menyampaikan kepada para Jamaah yang membawa sepeda motor agar memarkirkan ditempat yang telah disediakan, dan memastikan kendaraanya terkunci dengan aman, agar terhindar dari pencurian saat ibadah shalat berlangsung.

Personil yang melaksanakan patroli, terus memantau dan mengamati lokasi – lokasi parkir kendaraan, untuk memastikan keadaan aman dan mencegah terjadinya aksi kriminalitas pencurian sepeda motor,”pungkas Ipda Jamidi.

Penulis: Golden

Tinjau Mudik di Jateng, Kapolri Instruksikan Mantapkan Sosialisasi Rekayasa Lalin dan Pengaturan Rest Area

Tinjau Mudik di Jateng, Kapolri Instruksikan Mantapkan Sosialisasi Rekayasa Lalin dan Pengaturan Rest Area

Jawa Tengah - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan Operasi Ketupat di wilayah Jawa Tengah, Selasa (18/4/2023). Dari laporan yang ia terima, terjadi peningkatan jumlah kendaraan hingga 300 persen di gerbang tol (GT) Kalikangkung.
Dalam batas normal, jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 10 ribu per jam. Namun saat ini sudah memasuki angka 30 ribu per jam.

"Diperkirakan akan mencapai puncaknya mungkin sekitar nanti malam dan besok. Tahun lalu di angka 60 ribu," kata Sigit.
Untuk mengurai kepadatan, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan sejak tadi siang, sudah diberlakukan sistem satu arah atau one way mulai KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung.

"Secara terpusat akan dikomandoi oleh Kakorlantas dan sistem one way ini berakhir pukul 24.00 WIB," ujar Sigit.
Lebih lanjut, Sigit menuturkan bahwa apabila kapasitas kendaraan meningkat di atas 60 ribu maka ada kemungkinan diberlakukan sistem one way yang bersifat lokal.

Sigit pun memerintahkan jajaran Polda Jawa Tengah dan Korlantas Polri agar berkoordinasi dan bekerja sama dengan media untuk menyosialisasikan perubahan rekayasa lalu lintas. Hal ini agar masyarakat terinformasi dan tidak terjebak kemacetan.

Selanjutnya, terkait tempat istirahat atau rest area yang terbatas, mantan Kapolda Banten ini meminta agar disosialisasikan ke pemudik untuk bisa beristirahat di luar tol. Pilihan ini agar para pemudik tidak berhenti di bahu jalan saat rest area sudah penuh.

"Tentunya kita juga informasikan setelah exit tol gimana masuknya kembali ke jalur tol. Sehingga kemudian menjadi pilihan agar tidak ada pengguna jalan beristirahat di bahu jalan yang bisa membuat kemacetan dan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas," ucap Sigit. 

Secara umum, Sigit melihat persiapan yang dilakukan Polda Jawa Tengah mengamankan mudik Lebaran sudah bagus. Namun, Ia tetap menekankan agar jajarannya terus melakukan evaluasi agar pengamanan mudik lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Evaluasi dilakukan agar perjalanan mudik masyarakat dapat berjalan aman dan nyaman," tutup Sigit.

Mengantisipasi Terjadinya Kerawanan Pada Kegiatan Mudik Lebaran Tahun 2023, Kapolda Kalbar Melakukan Pengecekan Pos Terpadu di Sajingan Besar

*Kapolda Kalbar Turun Langsung Mengecek Pos Pengamanan Terpadu Lebaran 2023 di Wilayah Hukum Sajingan Besar, Kecamatan Sambas*

*Kapolda Kalbar Lakukan Pengecekan di Pos Pengamanan Terpadu Lebaran 2023 dan Pembagian Bansos di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas*

*Mengantisipasi Terjadinya Kerawanan Pada Kegiatan Mudik Lebaran Tahun 2023, Kapolda Kalbar Melakukan Pengecekan Pos Terpadu di Sajingan Besar*


Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka mengecek kesiapan Pos Terpadu Pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Selasa 18 April 2023 pukul 12.48 wib.

Dalam kegiatan Kunjungan Kerja Kapolda Kalbar tersebut juga dilaksanakan kegiatan Pembagian Bansos di Pasar Wisata PLBN Aruk Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas.
Dalam kegiatan Kunjungan Kerjanya, Kapolda Kalbar didampingi oleh Karoops Polda Kalbar, Kombes Pol M.Noor Subchan, S.I.K., M.H, Karorena Polda Kalbar, Kombes Pol Marcelino Sampouw, S.H., S.I.K., M.T, Dir Intel Polda Kalbar, Kombes Pol Enggar Broto Seno, S.I.K., M.Si, Dir Res Narkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Yohanes Hernowo, S.I.K., M.H, Waka Polres Sambas, Kompol M.Aminuddin, S.I.K.,M.H, Asisten III Kab. Sambas, Eko Susanto, S.KM, Kapolsek Sajingan Besar, Iptu Edy Sutrisno, SH, Danranil 1208/Sjk, Mayor Inf. Suradi, Camat Sajingan Besar, Sdr. Obertus, SP, Danki Satgas Pamtas RI-Mly Batlyon 645, Kapten Inf ikwan, Kepala Instansi Pertikal PLBN Aruk. Turut serta hadir Masyarakat Desa Sebunga Kec. Sajingan Besar Kab.Sambas Penerima Bansos Kapolda Kalbar berjumlah 25 orang.
Kapolda Kalbar berserta PJU Polda Kalbar tiba di Helly Pad samping Mako Polsek Sajingan Besar dengan mengunakan 1 (satu) unit Hellykopter Polda Kalbar, dan dilanjutkan menuju Pos Terpadu Lebaran Rest Area PLBN Aruk dengan mengunakan kendaraan Roda empat. 

Ada beberapa hal yang dicek oleh Kapolda Kalbar yakni kesiapan dan sarana prasarana , kelengkapan personel yang bertugas, data-data, serta administrasi pendukung.
Pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas Tahun 2023 ini tugas pokoknya adalah mengamankan kegiatan Hari Raya Idul Fitri termasuk pelayanan kepada Masyarakat saat mudik lebaran dan kepulangannya. Kapolda Kalbar menghimbau "Agar tetap mengutamakan keselamatan di dalam kegiatan Mudik Lebaran tahun 2023 ini serta mentaati aturan lalu lintas yang berlaku demi kenyamanan bersama dan mengantisipasi kerawanan kecelakaan lalulintas yang dapat ditimbulkan dari kegiatan Mudik Lebaran tahun 2023 ini".

Masyarakat Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar yang hadir pada kegiatan tersebut sangat berterima kasih dan terbantu atas pemberian Bansos yang langsung diberikan oleh Kapolda Kalbar.

Pukul 13.45 Wib Kapolda Kalbar beserta PJU Polda Kalbar Take Off mengunakan 1 (satu) unit Hellykopter Polri Polda Kalbar kembali menuju ke Pontianak.

Kurangi Beban Jalan Tol dan Arteri, Kapolri Lepas 434 Bus Mudik Gratis Polri Presisi

Kurangi Beban Jalan Tol dan Arteri, Kapolri Lepas 434 Bus Mudik Gratis Polri Presisi

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan stakeholder terkait resmi melepas 434 bus yang mengangkut masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing dalam program 'Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023'. 
Program mudik bersama yang digagas oleh Polri tersebut dilepas di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 18 April 2023. 

"Mudik Gratis Polri Presisi, dimana kegiatan ini adalah merupakan salah satu upaya kita sesuai arahan Pak Menhub untuk bagaimana, kita mengurangi beban kapasitas dari jalan tol dan arteri dengan mengadakan program mudik gratis ini," kata Sigit usai melepas rombongan program mudik gratis Polri Presisi. 
Sigit memaparkan, dalam program 'Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023' disiapkan 434 bus yang mengangkut sebanyak 23 ribu pemudik, dengan tujuan ke empat provinsi dan 14 kabupaten. 
"Ada 23 ribu pemudik yang akan kita berangkatkan ke tujuan mudik masing-masing di 4 provinsi dan 14 kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, kemudian DIY dan 434 bus yang digunakan untuk mengantar," ujar Sigit. 

Dengan banyaknya warga yang ikut dalam program mudik gratis ini, Sigit menekankan bahwa, semakin menekan angka volume kendaraan baik roda empat maupun dua di jalan raya. 

Oleh sebab itu, Sigit menjelaskan, dari tahun ke tahun, Polri rutin mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang kampung merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. 

"Sehingga kemudian jumlah kendaraan pribadi, baik roda dua dan empat yang akan digunakan di jalan bisa dikurangi dan bisa kita alihkan dengan program mudik bersama," ucap Sigit.

Lebih dalam, Sigit juga memastikan bahwa, masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis ini dari segi keselamatannya akan terjamin. Mengingat, sepanjang perjalanan personel kepolisian akan melakukan pengawalan hingga tempat tujuan. 

"tentunya juga program ini dalam perjalanannya dikawal personel. Sehingga dari sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan tentu kita harapkan lebih baik," tutur Sigit. 

Dengan adanya pengawalan dari personel polisi, Sigit menuturkan bahwa, hal itu juga akan mengurang risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan. 

"Harapan kita program ini bisa membantu terhadap masyarakat yang akan mudik dan juga mengurangi risiko-risiko terkait penambahan beban kapasitas. Dan juga harapan kita risiko laka lantas di jalan bisa kita kurangi. Mudah-mudahan seluruh rangkaian bisa berjalan aman lamcar dan selamat," papar Sigit.

Disisi lain, Sigit menyebut, program ini tidak hanya akan diselenggarakan pada saat arus mudik. Melainkan, nantinya juga akan disiapkan untuk momentum arus balik. 

"Program mudik gratis kita berangkatkan 434 bus yang menampung 23 ribu. Harapan kita baliknya juga bisa kita upayakan sama namun demikian tergantung kapasitas yang ada di daerah masing-masing. Kita optimalkan semaksimal mungkin sehingga harapan masyarakat yang ikut mudik gratis nanti pada saat kembali bisa ikut program balik," jelas Sigit. 

Kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi program mudik gratis yang digagas oleh Polri. Menurutnya, ini merupakan langkah konkret untuk mengurangi beban jalan. 

"Kita apresiasi, dan ini menjadi bagian yang mengurangi dari beban lalu lintas," tutup Budi Karya.

Kabag SDM Polres Kapuas Hulu Berikan Arahan Kepada Casis Akpol, Bintara dan Tamtama

Putussibau, Polda Kalbar - Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar melalui Bag SDM memberikan arahan kepada calon siswa Akpol, Bintara dan Tamtama Polri yang akan melaksanakan tes di Polda Kalbar di Tribun Polres Kapuas Hulu, Selasa (18/4/2023). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Kapuas Hulu yang diwakili oleh Kabag SDM AKP Widiyanto didampingi oleh Kasubbag Dalpers Bag SDM AKP Dedy Supriyadi, Kasi Propam AKP M. Sutikno, Kasi Was Ipda Haryono dan anggota Bag SDM Polres Kapuas Hulu. 

Dalam arahannya Kabag SDM AKP Widiyanto mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa dan sebentar lagi akan melaksanakan hari raya Idul Fitri 1444 H bagi yang merayakannya.

"Jangan merayakan perayaan Idul Fitri 1444 H dengan euforia yang berlebihan seperti balap-balapan yang nantinya bisa kecelakaan, tolong kita sambut dengan melakukan ibadah serta do'a bersama," kata AKP Widiyanto.


Selanjutnya, AKP Widiyanto menyampaikan bahwa hari ini sudah penutupan pendaftaran dan akan melaksankan tes pertama di Polda Kalbar yaitu pemeriksaan rekmin awal tolong berkas-berkas yang kemarin belum lengkap agar dilengkapi ini berguna untuk pemeriksaan adminitrasi ini juga bisa menggugurkan peserta.

"Agar segala keperluan untuk mengikuti test dipersiapkan supaya nanti tidak kelabakan pada saat mengikuti tes di Polda Kalbar," ujar AKP Widiyanto.


Kemudian disampaikan oleh Kabag SDM bahwa untuk test di Polda Kalbar para peserta test yang masuk ke Polda Kalbar tidak ada di temani orang tua atau yang lainnya ini ditunjukan untuk menciptakan keberanian kepada calon siswa Polri untuk belajar mandiri dan Transparansi dalam seleksi anggota Polri.

'Disini kita bersama-sama berkompotisi dalam meraih kesempatan untuk menjadi Polri, untuk itu persiapkanlah diri anda semuanya," ujar AKP Widiyanto.


Dijelaskan oleh Kabag SDM AKP Widiyanto bahwa sampai hari Senin tanggal 17 April 2023 untuk animo pendaftar keseluruhan sebanyak 177 orang yang terdiri dari pria sebanyak 147 orang dan wanita sebanyak 30 orang.

"Adapun rincian animo pendaftaran sebagai berikut yaitu Akpol sebanyak 7 orang, Bintara PTU sebanyak 162 orang, Bintara Pol Air sebanyak 1 orang dan Tamtama Brimob sebanyak 7 orang sedangkan untuk Bintara Brimob, Bintara Nakes dan Tamtama Pol Air Nihil atau belum ada peminat," jelas Kabag SDM AKP Widiyanto  


Penulis : Tirto/Humas Res KH 
 
IG @ humas_polreskapuashulu
FB Polres Kapuas Hulu
TW @HumasResKH
YT Humas Polres Kapuas Hulu
Website https://www.humaspolreskh.com/

POLANTAS PATROLI RUTIN DI DAERAH RAWAN BALAP LIAR DI BULAN SUCI RAMADHAN

POLANTAS PATROLI RUTIN DI DAERAH RAWAN BALAP LIAR DI BULAN SUCI RAMADHAN

Singkawang, Polda Kalbar - Personil Satlantas Polres Singkawang melaksanakan kegiatan patroli Subuh dan penjagaan di daerah rawan balap liar di Kota Singkawang, Selasa (18/04/2023).
Untuk mengantisipasi terjadinya balap liar setelah sahur, personil Sat Lantas melakukan patroli dijalur jalur yang berpotensi untuk digunakan balap liar .
Kapolres singkawang AKBP Arwin Amrih Wientama , S.H., S.I.K ., M.H. melalui Kasat Lantas AKP Suwaris mengatakan
Hal ini dilaksanakan agar terwujudnya Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas ( Kamseltibcar lantas ) di wilayah Kota Singkawang. 

Kegiatan rutin Patroli dan pengaturan arus lalu lintas difokuskan pada titik rawan balap liar, penempatannya pun disesuaikan dengan kebutuhan yaitu di tempat-tempat yang rawan akan terjadinya balap liar.
Disamping melakukan patroli dan penjagaan di titik rawan balap liar, anggota Satlantas Polres Singkawang juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu mengutamakan keselamatan berlalu lintas serta mematuhi peraturan dalam berlalu lintas di jalan raya.

Dengan kegiatan patroli dan penjagaan di titik rawan balap liar diharapkan dapat mencegah aksi balap liar yang dapat mengakibatkan kerugian bagi pengendara yang melakukan balap liar tersebut serta rasa aman bagi pengguna jalan raya serta mencegah timbulnya gangguan kamseltibcar dan tindak kriminalitas di daerah hukum Polres Singkawang.

#Polresta Pontianak Kota, #Polres Mempawah, # Polres Singkawang, #Polres Sambas, #Polres Bengkayang, #Polres Landak, #Polres Sanggau, #Polres Sekadau, #Polres Sintang, #Polres Melawi, Polres Kapuas Hulu, #Polres Ketapang, #Polres Kubu Raya, #Polres Kayong Utara

Senin, 17 April 2023

Operasi Ketupat 2023 Resmi Digelar, Kapolri: Berikan Pelayanan Terbaik ke Pemudik

Operasi Ketupat 2023 Resmi Digelar, Kapolri: Berikan Pelayanan Terbaik ke Pemudik 

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa, pihaknya bersama dengan stakeholder terkait akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023. 

Hal ini ditegaskan Kapolri saat memimpin apel gelar pasukan sekaligus menandai Operasi Ketupat 2023 berlangsung secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, bertempat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin, 17 April 2023.
Dalam Operasi Ketupat tahun ini, Sigit menuturkan bahwa, sebanyak 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya disiagakan demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik. 
"Baru saja kita melaksanakan apel bersama gelar Operasi Ketupat 2023. Artinya dengan pelaksanaan apel ini maka secara serentak di seluruh wilayah melaksanakan kegiatan yang sama yaitu Operasi Ketupat dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik dan balik nantinya," kata Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini menekankan, kesiapan yang dilakukan untuk mewujudkan pelayanan dan pengamanan arus mudik jauh lebih baik lagi dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. 

Apalagi pada tahun ini, diprediksi masyarakat yang melakukan mudik meningkat sekitar 45 persen dibanding tahun lalu. Sebab itu, Sigit memedomani instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memaksimalkan pengaturan serta pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023. 

Lebih dalam, mantan Kapolda Banten ini menyampaikan, beberapa strategi yang dilakukan guna membuat mudik berjalan aman dan lancar, diantaranya penerapan rekayasa lalu lintas, mulai dari Contra Flow, One Way dan yang lainnya. 

"Ada beberapa tempat yang kemudian kita atur mulai dari pelaksanaan Contra Flow. Di situasi tertentu kita laksanakan One Way, yang akan kita laksanakan mulai dari Cikampek sampai Kalikangkung. Dan ini juga nanti akan diatur secara sinergi. Sehingga kemudian pengalaman-pengalaman tahun kemarin dapat diantisipasi. Kemudian wilayah-wilayah jalur non-tol yang juga tentu jadi perhatian kita semua bisa terlayani dengan baik," ujar Sigit. 

Kemudian terkait dengan arus mudik di jalur penyeberangan pun tak luput menjadi perhatiannya. Sigit  mengimbau agar masyarakat bisa menyeberang pada siang hari. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan warga yang mudik via jalur laut pada waktu malam hari.

Dalam kesempatan ini, Sigit menegaskan, seluruh lintas sektoral akan menjamin keamanan para pemudik untuk bisa merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman di kampung halamannya masing-masing. 

"TNI-Polri siap untuk memberikan pengamanan terhadap masyarakat yang akan melintas, yang mungkin takut dan khawatir karena ada potensi tindak pidana," ucap Sigit.

Lebih lanjut, Sigit pun berpesan kepada masyarakat yang ingin mudik bisa menginformasikan kepada tiga pilar yakni RT/RW, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Hal ini dilakukan agar aparat bisa berpatroli menjaga rumah yang ditinggalkan saat mudik.

"Saya pesankan terhadap masyarakat yang mudik, silahkan laporkan ke tiga pilar yaitu RT/RW, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sehingga kemudian bisa diberikan pelayanan untuk anggota melakukan patroli rumah-rumah yang kosong, sehingga betul-betul bisa aman dari risiko-risiko baik bencana maupun pidana," papar Sigit.

Selain itu, Sigit pun meminta masyarakat yang mudik agar berhati-hati dalam perjalanan. Jika dirasa sudah mulai lelah maka beristirahatlah di rest area atau tempat yang sudah disediakan. Hal ini guna mengurangi risiko kecelakaan pada saat mudik ke kampung halaman.

"Patuhi ketentuan yang telah diatur oleh para petugas sehinggga semua bisa terlayani dengan baik. Dan kita harapkan potensi risiko kemacetan maupun kecelakaan yang terjadi, bisa kita eliminir sekecil mungkin," tutup Sigit.

Polresta Pontianak Gelar Peringatan Nuzulul Quran Jelang Buka Puasa

PONTIANAK, KALBAR – Polresta Pontianak mengadakan Kegiatan Nuzulul Qur’an  menjelang buka puasa,  kegiatan ini dihadiri oleh Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH  dan Para Pejabat Utama, Para Kapolsek dan Anggota Polresta Potianak dan Polsek Jajaran,  dengan Penceramah Uztad Muhammad Zein.  LC  dengan Tema"  Dengan Hikmah Ramadhan, Nuzulul Qur'an dan Idul Fitri Kita Tingkatkan Kualitas Iman dan Taqwa dalam rangka Menanamkan  Kejujuran dan Kedisiplinan Guna Mewujudkan Polri yang Presisi",   dengan penceramah  Uztad  
M. Zein Mukhsin, LC   yang berlangsung di Aula Mapolresta Pontianak menjelang buka puasa,  Senin (17/04/2023).
Kabag SDM selaku ketua Panitya dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Nuzulul Qur’an ini dilaksanakan dengan tema " Dengan Hikmah Ramadhan, Nuzulul Qur'an dan Idul Fitri Kita Tingkatkan Kualitas Iman dan Taqwa dalam rangka Menanamkan  Kejujuran dan Kedisiplinan Guna Mewujudkan Polri yang Presisi", khususnya di lingkungan Polresta Pontianak , Polda Kalbar. 
Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH Dalam sambutanya  mengatakan kegiatan Nuzulul Qur'an ini diharapkan seluruh anggota dapat menahami dan mempedomani isi Alqur'an dan menyimak apa yang akan disampailkan Uztad M. Zein Mukhsin, LC   sehingga nantinya berdampak dalam pelaksanaan tugas sebagai insan Polri yang setia, patuh jujur dan bertanggung jawab.  
“Nuzulul Quran merupakan peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Allah SWT menurunkan wahyu berupa Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi seluruh umat Islam di dunia,” ujar Uaztad M. Zein Mukhsin  LC

Sebagai umat Islam agar personil untuk selalu membaca dan memahami isi Alquran, tidak hanya di bulan suci Ramadhan saja, namun juga selalu mengamalkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari guna memperkuat komitmen dan keimanan dalam menghadapi tantangan tugas Polri kedepan yang semakin kompleks.

“Semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rahmat dan Hidayah nya kepada kita semua, menjadi polisi yang selalu dicintai rakyat sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, tanamkan jiwa yang jujur dan disiplin sebagai polisi,”  dengan tetap menjaga Nilai-nilai Pancasila,,"tutupnya.

 

#polrestapontianak, #polresmempawah, #polressingkawang, #polressambas, #polresbengkayang, #polreslandak, #polressanggau, #polressekadau, #polresmelawi, #polressintang, #polreskapuashulu, #polreskuburaya, #polresketapang, #polreskayongutara

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023, Gubernur dan Kapolda Kalbar Cek Kesiapan Personel Gabungan


PONTIANAK, POLDA KALBAR - Gubernur Kalbar H. Sutarmidji bersama Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto memimpin langsung pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023 bertempat di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar, Senin (17/4). 
Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan oleh Gubernur Kalbar, menjelaskan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. 

"Potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%. Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Ketupat Kapuas 2023 selama 14 hari sejak 18 April sampai 1 Mei 2023," jelas Gubernur Kalbar. 
Operasi ini menggandeng seluruh Stakeholder terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya. 
Selanjutnya, optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan. Disamping itu, ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan. Apabila terjadi laka lantas, segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban, serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah. 

"Tingkatkan pula imbauan kepada masyarakat agar memilih waktu perjalanan pada siang hari guna mengurai kepadatan volume kendaraan," ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, SIK., M.H.,  juga mengatakan bahwa apel gelar pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023 pada hari ini merupakan wujud kesiapan Polri dan seluruh stakeholder pendukung. 

"Dalam operasi ini melibatkan sebanyak 3.050 personel terdiri dari Polri 1.423 personel, TNI 260 personel dan Dinas Perhubungan sebanyak 179 personel, kami juga mendirikan sebanyak 68 pos terdiri dari, 43 Pos Pengamanan, 17 Pos Pelayanan dan 8 Pos Terpadu 8," Jelas Kapolda Kalbar. 

Dijelaskan juga oleh Kapolda bahwa ada beberapa titik rawan yang akan dijaga seperti, 29 titik terminal bus, 21 titik pelabuhan, 4 titik bandara, 116 titik obyek wisata, 139 titik pusat perbelanjaan, 113 titik SPBU, serta tempat-tempat ibadah. 

"Selain melaksanakan operasi ini, kita juga mengadakan program mudik gratis Kalbar dan juga menggelar kegiatan bakti sosial diperuntukan kepada orang-orang yang berhak menerima bantuan ini yang akan disebar ke beberapa wilayah", jelas kapolda Kalbar. 

Irjen Pipit juga menegaskan, bahwa sudah mulai muncul titik api di wilayah Kubu Raya, sehingga selama berlangsungnya mudik atau selama Operasi Ketupat berlangsung kami menghimbau agar masyarakat menghentikan pembukaan lahan dengan cara membakar. Setelahnya dipersilahkan namun tetap berpedoman pada peraturan yang sudah ditetapkan  dan di kuatkan pengawasannya. 

"Saya sudah perintahkan kejajaran untuk memonitor dan mengawasi Karhutla, apabila masih terjadi maka akan dilakukan tindakan juga kepada jajaran sejauh mana antisipasi dan pengawasannya terhadap aktivitas karhutla dan terhadap pelaku pembakaran lahan yang tidak sesuai aturan sebagaimana peraturan perundangan maupun peraturan gubernur maka kami tidak akan segan-segan untuk melakukan penegakan pelanggaran hukum hingga pidana," tutupnya. 

Wassalammualaikum Wr.Wb 

Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M.
Kabidhumas Polda Kalbar 

Email: bidhumaspoldakb@gmail.com
Twitter : @BidhumasKalbar
FB : Bidhumas Polda Kalbar
IG : @humaspoldakalbar
YouTube : Humas Polda Kalbar

Kapolresta Pontianak Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, 22 Anggota Terima Penghargaan

Kapolresta Pontianak Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, 22 Anggota Terima Penghargaan


PONTIANAK, KALBAR - Jajaran Kepolisian Resor Kota Pontianak  melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional dilapangan Apel Mapolresta Pontianak yang dipimpin langsung Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH diikuti oleh para Pejabat Utama (PJU) Para Kapolsek Jajaran dan seluruh anggota Polresta Pontianak, Senin (17/04/2023).
Pada kesempatan yang sama, Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH memberikan penghargaan kepada  21 anggota yang berprestasi dalam tugas,  sekaligus memberikan Penghargaan kepada Salah seorang  Perwira  yang Sebentar lagi akan Purna Bakti dari kedinasan Polri. 
satu Perwira yang akan Purna Bakti tersebut adalah Wakapolsek Kawasan Pelabuhan Dwikora  Iptu Cecep Heri,  sedangkan 21 anggota lainya yang mendapatkan penghargaan atas prestasi dedikasinya dslam tugas.
Ke dua puluh satu anggota yaitu  Iptu Zainal Abidin beserta  14Anggota Reskrim Polresta Pontianak dan  4 anggota Polsek Jajaran, karena ke berhasilanya dalam mengungkap kasus, salah satunya kasus pembunuhan dijalan Suwignyo,  dimana kasus ini  menjadi viral  dan menjadi isu  begal  dipontianak,  Alhamdulillah  bisa  diungkap dan  isu begal dipontianak  menjadi  mereda,  kemudian satu Anggota Sium An. Aipda Anang Ratriana Jabatan Ps. Kasubsi Yanma Seksi Umum Polresta Pontianak,  mendapat penghargaan  karena dedikasinya  dalam menjaga dan peduli atas  kebersihan Mako dan sekitarnya. 

"Terima kasih kepada pak  Cecep Heri Wakapolsek Kawasan Dwikora Pontianak atas Dedikasinya selama menjalankan  tugas,  dan tidak lama lagi beliau akan mengakhiri masa bhaktinya di Polri,  saya minta semoga hubungan  silahturahmi tetap  terjaga, karena tetap beliau masih keluarga polri walaupun sebenar lagi  tidak berdinas lagi," kata Kapolresta 

#polrestapontianak, #polresmempawah, #polressingkawang, #polressambas, #polresbengkayang, #polreslandak, #polressanggau, #polressekadau, #polresmelawi, #polressintang, #polreskapuashulu, #polreskuburaya, #polresketapang, #polreskayongutara

Anggota Polsek Pontianak Timur Evakuasi Mobil Mogok Dikaki Jembatan Kapuas 1

*Anggota Polsek Pontianak Timur Evakuasi Mobil Mogok Dikaki Jembatan Kapuas 1*



PONTIANAK, KALBAR - Sebuah mobil jenis minibus terlihat mogok dikaki jembatan Kapuas I Pontianak Timur,Senin (17-4-2023) sekitar pukul 10.00 wib pagi.

Mengantisipasi macetnya arus lalulintas,sejumlah petugas kepolisian dari Polsek Pontianak Timur merespon cepat dengan mengevakuasi kendaraan tersebut ketempat yang aman.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Pontianak Timur AKP Heri Purnomo, "Kejadian sekitar jam 10.00 wib tadi pagi,wakapolsek Pontianak Timur Iptu Anton Wibowo bersama Kanit Lantas Iptu Maman Sulaiman mengevakuasi kendaraan yang mogok tersebut dengan mendorong kelokasi yang tidak menggangu arus lalulintas.
Kita ketahui bersama,jembatan Kapus 1 ini sebagai sarana penghubung antara wilayah Timur dan utara kota pontiananak dengan wilayah bagian lain dalam kota pontianak,dan kepadatan arus lalulintasnya sangat padat,apalagi pada saat masyarakat akan beraktifitas dipagi hari dan saat aktivitas masyarakat pulang kerja pada sore hari." Imbuhnya.
Lanjut Heri, jadi ketika ada kendaraan mogok di area jembatan kapuas,sudah barang tentu akan mengakibatkan kemacetan yang panjang,saya berharap masyarakat yang mengendarai kendaraan dan melintas dijembatan Kapuas 1 agar mematuhi rambu lalulintas dan cek kondisi kendaraannya,agar lancar dan tidak menjadi penyebab kemacetan dilokasi tersebut."Tegas Heri Purnomo.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023, Kapolresta Pontianak Bacakan Sambutan Kapolri

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023, Kapolresta Pontianak Bacakan Sambutan Kapolri. 


PONTIANAK, KALBAR - Polresta Pontianak mengadakan apel gelar  Pasukan dalam rangka dimulainya  Operasi Ketupat Kapuas 2023 dilapangan Apel Mapolresta Pontianak,  Senin, (17/04/2023) 
Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Kapuas 2023 dipimpin langsung oleh Kapolresta Pontianak Kombes Pol  Adhe Hariadi, S.ik MH  didampingi Wakil Walikota Pontianak  Bapak Bahasan, SH  dan dihadiri oleh Forkompimda Kota Pontianak serta Organisasi lintas Sektoral  Kota Pontianak. 
Dalam Apel gelar pasukan ini Kapolresta Pontianak membacakan amanat  Kapolri bahwa Polri bersama TNI dan Instansi terkait serta dibantu irganisasi lintas sektoral  Menjamin keamanan dan ketertiban para pemudik saat berpergian, Polresta Pontianak melaksanakan  Apel  gelar pasukan operasi Ketupat Kapuas 2023  dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H tahun 2023 diwilayah Kota Pontianak. 

Tema kegiatan Apel yang mengangkat tema “Mudik Aman Berkesan”, dihadiri oleh  Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan SH, Kabag OPS Dandim/1207/ptk  Kepala Kejaksaan Negeri, Kasat Pol PP., Kadis Perhubungan, Kepala BPBD, serta seluruh elemen penting organisasi kemasyarakatan diwilayah hukum  Polresta Pontianak. 
Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH didampingi Wakil Walikota Pontianak Bapak Bahasan, SH bertindak sebagai pimpinan upacara saat menyampaikan sambutan  Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stake holder  terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H”katanya .

Melanjutkan, operasi ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya

“Nantinya para porsenel tersebut  akan menempati 2.787 pos, dengan rincian 1.857 pos pengamanan, 713 pos pelayanan, dan 217 pos terpadu” ungkapnya.

Memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik, terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan :

Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023.

Kedua, Kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu.

Keempat berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat.

Keenam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait. 

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas 2023 Polresta Pontianak telah menerjunkan personilnya 150 dibantu Unsur TNI,  Satpol PP, Dinas Perhubungan,  PMI dan Pramuka, Organisasi Kemasyarakatan,  dari jumlah personil tersebut  telah diploting dibeberapa Pos Pengamanan  yang didirikan dibeberapa titik,  yaitu Pospam Terpadu di Pelabuhan Dwikora Pontianak,  Pospam Mitra Anda  di Pontianak Barat,  Pospam Nusa Indah di Pasar Sudirman Pontianak Kota,  Pospam Flamboyan di Simpang Pasar Flamboyan diisi personil dari Satuan Lalu Lintas,  kemudian  Pospam Bundaran Untan Pontianak Selatan,  Pospam Simpang Tanjung Raya Pontianak timur,  Pospam Kaisar Pontianak Utara. 

Menurut Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH   Dengan  enam Pospam dan satu Pos terpadu ini didirikan dalam rangka menjamin kelancaran  terlaksananya Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, dan Mewujudkan " Mudik yang Aman dan Berkesan" diwilayah hukum Kota Pontianak, " Ujarnya. 
#polrestapontianak, #polres

Minggu, 16 April 2023

Kapolri Naik Heli Pantau Langsung Arus Mudik di Jalan Tol dan Arteri

Kapolri Naik Heli Pantau Langsung Arus Mudik di Jalan Tol dan Arteri

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi terkini arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023. Peninjauan itu melalui via udara menggunakan Helikopter. 

Sigit mengamati secara langsung arus lalu lintas mudik Lebaran mulai dari jalan tol ataupun jalan arteri. Adapun yang dipantau antara lain wilayah Jakarta, Cikampek, Cirebon, Bandung dan daerah sekitarnya.
Peninjauan tersebut dilakukan Sigit untuk mengetahui secara langsung apakah saat ini sudah terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik hingga titik-titik rawan macet ketika arus mudik berlangsung. 

Tinjauan udara Kapolri tersebut juga sebagai komitmen menindaklanjuti instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. 

Sigit sebelumnya memastikan bahwa, pihaknya terus mematangkan kesiapan serta melakukan evaluasi dalam rangka mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2023. 

Sigit menyatakan, kesiapan yang terus dibahas dan dilakukan diantaranya terkait dengan penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa Contra Flow, One Way, hingga Ganjil-Genap saat arus mudik-balik Lebaran 2023.

"Walaupun pada puncak arus, pasti akan terjadi peningkatan arus yang menyebabkan kondisi kemacetan, karena memang kapasitas jalan terisi volume yang lebih besar dari biasanya. Sehingga kita perlu mengadakan rekayasa mulai dari ganjil-genap, one way, contra flow  sampai rekayasa-rekayasa yang lain," kata Sigit usai memberikan bantuan sembako di Kantor PP Persis, Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 15 April 2023.

Sigit menuturkan, strategi rekayasa lalu lintas di jalan tol tersebut perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik tahun ini bisa lebih baik, aman, dan lancar. Apalagi, pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.

"Ini semua kita lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dengan baik dan masyarakat bisa sampai tujuan mudik dengan lancar dan juga harapan kita semuanya selamat," ujar Sigit.

Sigit juga memberikan imbauan kepada semua masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk mengikuti seluruh aturan-aturan yang telah disiapkan demi menjamin terwujudnya keamanan dan kenyamanan. 

"Hati-hati dijalan, jangan memaksakan. Kemudian ikuti informasi terkait mudik, ikuti aturan yang sudah dibuat. Sehingga semuanya bisa melaksanakan mudik aman, tertib dan menghindari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di jalan," ucap Sigit. 

Tak hanya itu, Sigit menegaskan, pekan depan Polri dan lintas sektoral terkait akan melakukan apel gelar pasukan menandai dimulainya Operasi Ketupat 2023. 

"Dalam kesempatan ini saya ingatkan kepada masyarakat karena saat ini, sebentar lagi kita sudah masuk dalam rangkaian kegiatan mudik dan sudah dimulai dari kemarin. Tentunya Polri akan melaksanakan apel gelaran Operasi  Ketupat dalam rangka mengawal dan mengamankan agar mudik berjalan lancar sesuai dengan harapan masyarakat," tutup Sigit.

Kerjasama Bareng PP Persis, Kapolri Salurkan 30 Ribu Sembako ke Warga yang Membutuhkan

Bandung - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyalurkan sebanyak 30.000 paket bantuan sosial berupa sembako ke masyarakat yang membutuhkan. Pendistribusian paket sembako tersebut bekerjasama dengan Persatuan Islam (Persis). 

"Alhamdulillah baru saja kita melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka mendistribusikan sembako bantuan bagi masyarakat yang saat ini terdampak," kata Sigit di Kantor PP Persis, Bandung, Jawa Barat, Sabtu 15 April 2023.
Menurut Sigit, bantuan paket sembako tersebut akan diserahkan kepada masyarakat yang terdampak atas kenaikan harga bahan pangan ketika memasuki bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 2023. 

Dengan adanya distribusi paket sembako ini, Sigit berharap, masyarakat dapat terbantu atau mengurangi beban akibat melonjaknya harga bahan pokok penting di pasaran. 

"Karena memang ada fluktuasi biasanya di bulan Ramadhan terkait dengan masalah harga sembako dan mudah-mudahan ini juga bisa membantu bagi masyarakat yang memang butuhkan," ujar Sigit. 

Terkait kegiatan ini, Sigit menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus Persis yang telah bersinergi untuk menyalurkan bantuan kepada seluruh masyarakat yang memang membutuhkan. 

"Dan terima kasih juga atas kerja sama dan bantuan dari seluruh pengurus PP Persis," ucap Sigit.

"Sehingga sembako yang dibutuhkan masyarakat ini betul-betul bisa tersalurkan atas dukungan penuh PP Persis. Dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih," tambah Sigit sekaligus mengakhiri.

Jumat, 14 April 2023

Animo Masyarakat Pontianak Menjadi Calon Polisi Sangat Tinggi jelang akhir Pendaftaran

PONTIANAK, KALBAR - Polresta Pontianak  Polda Kalbar  terhitung mulai tanggal 4 Sampai dengan 14 April 2023,  dan diperpanjang sampai tanggal 17 April 2023 telah membuka pendaftaran calon anggota Polri,  Perwira, Bintara dan Tamtama,   di Aula Wira Pratama, Sabtu 15/04/2023.
Animo masyarakat Pontianak untuk menjadi anggota Polri cukup tinggi. Tidak mengherankan pada tahap pendaftaran  calon Anggota  Polri tahun 2023 ini, para calon pelamar membludak. Betapa tidak, selain pendafataran tidak dipungut biaya, juga� pendaftaran  ini dilakukan di Polres/ta di kewilayahan, pendaftaran tidak dipungut biaya dan dilakukan di Polres/ta  jajaran Polda Kalbar. 
Meski demikian imej adanya permainan uang (Pelicin) pada penerimaan seba Polri hingga kini masih melekat. Tidak tanggung - tanggung besarnya mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah, sehingga ada pendapat yang mengatakan " jika tidak punya uang jangan coba - coba untuk jadi polisi".
Namun pendapat itu dibantah Kapolresta Pontianak  yang dikonfirmasi melalui  Kabag SDM AKP INAYATUN SH

Perwira murah senyum� ini menegaskan, tidak ada permainan uang dalam perekrutan calon anggota Polri. Menurutnya, semua bersifat transparan dan obyektif, siapapun dapat melakukan pengawasan termasuk pers, tokoh masyarakat dan LSM. Dalam pendaftaran dan penerimaan calon anggofa Polri ini,  pihak Polri khususnya Polresta Pontianak  telah berkomitmen untuk melakkukan seleksi yang ketat dan bersih, dengan harapan akan terpilih putra - pytra daerah terbaik. "Kami terbukan dan berharap masyarakat membantu pihak kepolisian dalam melakukan pengawasan pada penerimaan calon anggota Polri ini," tandasnya.

Bahkan pihaknya juga telah membentuk tim pengawas secara internal agar praktek - praktek seperti imej yang berkembang di masyarakat tidak akan pernah terjadi. "Untuk diketahui pendaftaran ini tidak dipungut biaya, silahkan mendaftar dan bila memenuhi  syarat maka semua berpeluang untuk menjadi anggota Polisi," tegasnya.

Karenanya ia menghimbau masyarakat untuk tidak berpengaruh dengan rayuan oknum - oknum tertentu yang mengaku dapat meluluskan keluarga atau anaknya menjadi anggota polisi.

Di bagian lain,  Inayatun mengakui bahwa animo masyarakat Kota Pontianak  untuk menjadi anggota Polisi sangat tinggi. Untuk sementara ini hari Jum'at  14 April 2023  tercatat  jumlah Pendaftar Online untuk Akpol 51, Bintara PTU 274, Bintara Brimob 35, Bintara  Polair 8, Bintara Nakes 3, Tamtama Brimob 29, Tamtama Polair  1 orang,  kemudian  para peserta yang sudah mendaftar  Online datang di Panbanrim  Polresta Pontianak guna  melakukan Ukur tinggi badan  dan berat badan,  Verifikasi berkas dan pemberian nomor sebanyak 117 orang  dengan rincian sebagai berikut : 
Akpol  6 orang  
Pria 5 Orang, Wanita 1 orang. 
Bintara PTU 106 Orang.
Pria 88 orang,  Wanita 18, 
Bintara Brimob 1.
Bintara Polair 1. 
Bintara Nakes 1. 
Tamtama Brimob 3 orang.
Tamtama Polair 1 orang.
Waktu pendaftaran  diperpanjang  sampai hari Senin 17 April 2023, yang sudah mendaftar dan tengah mengikuti seleksi kesehatan awal, administrasi dan parade awal,. Untuk tes administrasi, pihaknya melibatkan Dinas Diknas guna mengecek keabsahan ijazah pelamar. selanjutnya penyerahan ke Polda Kalbar  untuk dilakukan tes berikutnya diantaranya tes psycologi, akademik, penelusuran mental kepribadian, kesehatan jasmani dan pantohir.

#polrestapontianak, #polresmempawah, #polressingkawang, #polressambas, #polresbengkayang, #polreslandak, #polressanggau, #polressekadau, #polresmelawi, #polressintang, #polreskapuashulu, #polreskuburaya, #polresketapang, #polreskayongutara

kapolresta Pimpin Rapat Linsek dalam Rangka Paksanaan Ops Ketupat Kapuas 2023 dan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H

kapolresta Pimpin Rapat Linsek  dalam Rangka Paksanaan Ops Ketupat Kapuas 2023 dan  Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H
Jelang pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas 2023 Polresta Pontianak menggelar rapat koordinasi lintas sektoral jelang Operasi Ketupat Kapuas 2023 bersama Forkopimda Kota Pontianak, Jum'at (14/4/2023).
Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.I.K. MH tersebut, pihaknya melakukan pemaparan terkait kesiapan jajarannya dalam melakukan pengamanan menjelang Ops Ketupat mendatang.

"Lebih kurang ada sekitar 1 minggu lagi perayaan Idul Fitri 1444H, jadi mulai dari sekarang kita harus pastikan kesiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran" Ungkapnya

Menurut Kapolresta Pontianak  rakor ini diperlukan guna menyatukan persepsi seluruh instansi lintas sektoral yang terlibat dalam pengamanan sehingga nantinya pelaksanaan operasi Ketupat Ketupat 2023 dapat berjalan dengan sukses. Lebih lanjut  Kapolresta Pontianak  menjelaskan,  pada Operasi Ketupat Kapuas 2023 Polresta Pontianak  akan menerjunkan 150 personil,  ditambah gabungan TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Jasa Raharja dan instansi terkait lainnya.


Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, terdapat beberapa pos yang dipersiapkan oleh Polresta Pontianak  yang tersebar di beberapa titik dipusat perbelanjaan  atau penyebrangan  dimana terdiri dari lima  Pospam,  satu Pos terpadu. 


"Kita usahakan H-5 seluruh persiapan sudah benar-benar matang mulai dari personel, mapping, pos pengamanan maupun pelayanan dan sebaginya guna mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas 2023" Tuturnya.


Lebih lanjut Operasi Ketupat Kapuas 2023 sendiri akan berfokus pada meminimalisir terjadinya gangguan Kamseltibcar lalu lintas di wilayah hukum Polresta Pontianak, menekan angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas,  dan mencegah  gangguan kriminal  terutama  4C,  


"Tentu kita berharap seluruh rangkaian pengamanan dalam Operasi Ketupat  2023 berjalan lancar, maka dari itu kami berharap seluruh personel yang telibat dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab,  semoga apa yang kita lakukan ini menjadi ladang ibadah dan amal baik bagi kita semua" Tutup Kapolres.


#polrestapontianak, #polresmempawah, #polressingkawang, #polressambas, #polresbengkayang, #polreslandak, #polressanggau, #polressekadau, #polresmelawi, #polressintang, #polreskapuashulu, #polreskuburaya, #polresketapang, #polreskayongutara

Dipimpin Kabag Ops, Polresta Pontianak Laksanakan Latpra Ops Ketupat Kapuas 2023

PONTIANAK, KALBAR - Polresta  Pontianak  gelar  Lat Pra Ops dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan pelaksanaan  Operasi Ketupat  Kapuas  2023  bertempat di Aula  Mapolresta Pontianak,  Jum'at (14/4/2023). Siang. 
Pelaksanaan Lat Pra Ops tingkat Polresta  Pontianak dipimpin langsung  oleh Kabag Ops Kompol Haryanto, SH, S.ik MH dan didampingi oleh Kasat Lantas  Kompol Aulia  serta Pejabat Utama dan personil yang terseprint dalam Ops Ketupat Kapuas 2023.

Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH melalui Kabag Ops Kompol Haryanto, SH, S.ik MH  mengatakan, pelaksanaan Lat Pra Ops merupakan hal yang wajib dilaksanakan sebelum melaksanakan operasi.
Sehingga terjadi persamaan persepsi guna membantu pelaksanaan tugas saat dilapangan.

"Lat para ops ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan sebelum dimulainya suatu operasi. Hari ini kita melaksanakannya dalam rangka Ops Ketupat  Kapuas 2023. Ujar Haryanto. 

Melalui kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dalam operasi nanti di lapangan. Pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas  2023 akan mulai digelar selama 14 hari. Terhitung dari tanggal 18 April 2023 sampai 1 Mei 2023.

"Sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas 2023, kami akan gelar apel kesiapan personel pengamanan yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2023, tambahnya

Polresta Pontianak akan menyiagakan kurang lebih 150 personel gabungan fungsi dan Polsek jajaran serta dibantu TNI dan Instansi terkait lainnya selama Ops Ketupat Kapuas,  2023,

Kemudian Polresta Pontianak akan mendirikan lima Pospam ditempat  pusat perbelanjaan   dan satu Posterpadu dipelabuhan Dwikora, tuturnya. 
#polrestapontianak, #polresmempawah, #polressingkawang, #polressambas, #polresbengkayang, #polreslandak, #polressanggau, #polressekadau, #polresmelawi, #polressintang, #polreskapuashulu, #polreskuburaya, #polresketapang, #polreskayongutara

Kapolresta Pontianak Dengan Humanis Sapa Para Peserta Unjuk Rasa Mimbar Rakyat dan bagikan Takjil jelang Berbuka Puasa

PONTIANAK, KALBAR -  Kalpolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH  dengan santun dan humanis  sapa para Peserta Unjuk rasa mimbar rakyat  oleh Forum Komunikasi BEM Kalbar serta membagikan Nasi Kotak,  Kamis  13/04/2023. 
Para peserta aksi unjuk rasa mimbar rakyat  yang  tergabung dalam Forun komunikasi Badan Eksekutif Mahasiswa Kalbar ini  melakukan orasi dan mimbar  terbuka  di Taman Arbertura Silva Untan  dengan tuntutan  menolak disyahkanya UU Cipta Kerja oleh Pemerintah dan DPR RI. 
Dalam kesempatan ini Kapolresta Pontianak mengatakan  bahwa menyampaikan pendapat dimuka umum itu perbolehkan dan  diatur  dalam UU,  sedangkan kehadiran Polri  menjamin kegiatan aksi ini supaya berjalan dengan tertib dan tidak mengganggu masyarakat lainya yang sedang melakukan aktifitasnya  seperti timbulnya kemacetan lalu lintas. Ujar Kapolresta. 
Selesai melakukan orasi  mimbar rakyat  kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH  dibantu Para Personilnya dengan humanis membagikan Nasi Kotak kepada para peserta unjuk rasa untuk berbuka puasa,  aksi unjuk rasa  ini berjalan dengan Aman  dan tertib. 

#polrestapontianak, #polresmempawah, #polressingkawang, #polressambas, #polresbengkayang, #polreslandak, #polressanggau, #polressekadau, #polresmelawi, #polressintang, #polreskapuashulu, #polreskuburaya, #polresketapang, #polreskayongutara

Jelang Buka Puasa Kapolresta berbagi Takjil dengan Para pengendara

PONTIANAK, KALBAR - Kapolresta Pontianak beserta Para Personil Polwan membagikan takjil kepada para pengendara jelang buka puasa  di jalan A. Yani Bundaran Untan, Kamis  13/04/2023.
Dalam kegiatan Bakti sosial Kapolresta Pontianak  Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH didampingi Kapolsek Pontianak Selatan  Kompol Anne Tria Sefyna SH, S.ik dan para Polwan Polresta Pontianak membagikan Takjil  berupa Nasi Kotak  sebanyak 500 kotak,  Kapolresta Pontianak memimpin langsung   membagikan takjil tersebut kepada warga  pengendara yang sedang berhenti  saat  lampu dijalan A. Yani Dekat Bundaran untan. 
Menurut Kapolresta Pontianak Kombes pol Adhe Hariadi, S.ik MH  kegiatan ini rutin dilakukan oleh personil Polresta Pontianak dan Polsek jajaran menjelang  berbuka puasa  selama bulan Suci Ramadan, Kapanpun dimanapun selalu bisa berbuat kebaikan.  Ujar Kapolresta. 
Lebih lanjut Kapolresta pontianak Mengatakan  Bahwa Polri Selalu peduli dengan warga Masyarakat,  dan kegiatan bakti sosi  ini bertujuan untuk memupuk rasa kepedulian sesama warga terutama yang membutuhkan  ujarnya. 
#polrestapontianak, #polresmempawah, #polressingkawang, #polressambas, #polresbengkayang, #polreslandak, #polressanggau, #polressekadau, #polresmelawi, #polressintang, #polreskapuashulu, #polreskuburaya, #polresketapang, #polreskayongutara

Entri yang Diunggulkan

KEGIATAN TATAP MUKA KAPOLRESTA PONTIANAK KOTA DI KP. BETING PONTIANAK TIMUR

Pontianak_ pada hari Jumat tanggal 4 oktober 2019 pukul 19.30 wib, bertempat di Gedung Bulu Tangkis Kp. beting Kel. Dalam Bugis Pon...