Jumat, 14 April 2023

Animo Masyarakat Pontianak Menjadi Calon Polisi Sangat Tinggi jelang akhir Pendaftaran

PONTIANAK, KALBAR - Polresta Pontianak  Polda Kalbar  terhitung mulai tanggal 4 Sampai dengan 14 April 2023,  dan diperpanjang sampai tanggal 17 April 2023 telah membuka pendaftaran calon anggota Polri,  Perwira, Bintara dan Tamtama,   di Aula Wira Pratama, Sabtu 15/04/2023.
Animo masyarakat Pontianak untuk menjadi anggota Polri cukup tinggi. Tidak mengherankan pada tahap pendaftaran  calon Anggota  Polri tahun 2023 ini, para calon pelamar membludak. Betapa tidak, selain pendafataran tidak dipungut biaya, juga� pendaftaran  ini dilakukan di Polres/ta di kewilayahan, pendaftaran tidak dipungut biaya dan dilakukan di Polres/ta  jajaran Polda Kalbar. 
Meski demikian imej adanya permainan uang (Pelicin) pada penerimaan seba Polri hingga kini masih melekat. Tidak tanggung - tanggung besarnya mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah, sehingga ada pendapat yang mengatakan " jika tidak punya uang jangan coba - coba untuk jadi polisi".
Namun pendapat itu dibantah Kapolresta Pontianak  yang dikonfirmasi melalui  Kabag SDM AKP INAYATUN SH

Perwira murah senyum� ini menegaskan, tidak ada permainan uang dalam perekrutan calon anggota Polri. Menurutnya, semua bersifat transparan dan obyektif, siapapun dapat melakukan pengawasan termasuk pers, tokoh masyarakat dan LSM. Dalam pendaftaran dan penerimaan calon anggofa Polri ini,  pihak Polri khususnya Polresta Pontianak  telah berkomitmen untuk melakkukan seleksi yang ketat dan bersih, dengan harapan akan terpilih putra - pytra daerah terbaik. "Kami terbukan dan berharap masyarakat membantu pihak kepolisian dalam melakukan pengawasan pada penerimaan calon anggota Polri ini," tandasnya.

Bahkan pihaknya juga telah membentuk tim pengawas secara internal agar praktek - praktek seperti imej yang berkembang di masyarakat tidak akan pernah terjadi. "Untuk diketahui pendaftaran ini tidak dipungut biaya, silahkan mendaftar dan bila memenuhi  syarat maka semua berpeluang untuk menjadi anggota Polisi," tegasnya.

Karenanya ia menghimbau masyarakat untuk tidak berpengaruh dengan rayuan oknum - oknum tertentu yang mengaku dapat meluluskan keluarga atau anaknya menjadi anggota polisi.

Di bagian lain,  Inayatun mengakui bahwa animo masyarakat Kota Pontianak  untuk menjadi anggota Polisi sangat tinggi. Untuk sementara ini hari Jum'at  14 April 2023  tercatat  jumlah Pendaftar Online untuk Akpol 51, Bintara PTU 274, Bintara Brimob 35, Bintara  Polair 8, Bintara Nakes 3, Tamtama Brimob 29, Tamtama Polair  1 orang,  kemudian  para peserta yang sudah mendaftar  Online datang di Panbanrim  Polresta Pontianak guna  melakukan Ukur tinggi badan  dan berat badan,  Verifikasi berkas dan pemberian nomor sebanyak 117 orang  dengan rincian sebagai berikut : 
Akpol  6 orang  
Pria 5 Orang, Wanita 1 orang. 
Bintara PTU 106 Orang.
Pria 88 orang,  Wanita 18, 
Bintara Brimob 1.
Bintara Polair 1. 
Bintara Nakes 1. 
Tamtama Brimob 3 orang.
Tamtama Polair 1 orang.
Waktu pendaftaran  diperpanjang  sampai hari Senin 17 April 2023, yang sudah mendaftar dan tengah mengikuti seleksi kesehatan awal, administrasi dan parade awal,. Untuk tes administrasi, pihaknya melibatkan Dinas Diknas guna mengecek keabsahan ijazah pelamar. selanjutnya penyerahan ke Polda Kalbar  untuk dilakukan tes berikutnya diantaranya tes psycologi, akademik, penelusuran mental kepribadian, kesehatan jasmani dan pantohir.

#polrestapontianak, #polresmempawah, #polressingkawang, #polressambas, #polresbengkayang, #polreslandak, #polressanggau, #polressekadau, #polresmelawi, #polressintang, #polreskapuashulu, #polreskuburaya, #polresketapang, #polreskayongutara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

KEGIATAN TATAP MUKA KAPOLRESTA PONTIANAK KOTA DI KP. BETING PONTIANAK TIMUR

Pontianak_ pada hari Jumat tanggal 4 oktober 2019 pukul 19.30 wib, bertempat di Gedung Bulu Tangkis Kp. beting Kel. Dalam Bugis Pon...